Sun. Aug 7th, 2022

CARA MENGERJAKAN PENGASPALAN JALAN YANG TEPAT DAN TAHAPANNYA

tahapan cara mengerjakan pengaspalan

Bagi anda yg dambakan mengenal jenjang pekerjaan pembuatan Jalan Aspal supaya jalan kuat dan bermutu,disini kami sebagai kontraktor Jasa Pengaspalan bakal membagikan metode kerja pengaspalan yang wajib untuk diketahui.
Proses untuk mengerjakan pengaspalan jalan terkait berasal dari situasi lahan yang bakal di kerjakan,ada yang diawali berasal dari pemadatan tanah ada juga yang hanya overlay saja,atau pelapisan ulang.Adapun kalau pengaspalan di jadi berasal dari tanah,maka spesifikasi pekerjaannya sebagai berikut

➩ Persiapan menggerakkan atau dan demobilisasi proses pengaspalan jalan
➩ Pembentukan badan jalan dan Pemadatan tanah
➩ Gelar batu Sub Basecourse lalu di padatkan
➩ Gelar Base course sesudah itu dipadatkan
➩ Cor Prime Coat
➩ Gelar aspal hotmix style AC-BC
➩ Cor tack coat
➩ Gelar Aspal Hotmix AC-WC
➩ Pemadatan finishing pekerjaan
Untuk spec sesuai dengan volume kendaraan yang bakal melintasi jalan.
Berikut ini penjelasannya:

1. Persiapan menggerakkan atau demobilisasi jasa pengaspalan jalan .

Tahap awal di dalam proyek pengaspalan adalah menggerakkan atau mendatangkan alat-alat berat,setelah selesai pekerjaan,alat-alat berat ini di kembalikan ulang atau demobilisasi.

Alat-alat berat di dalam proyek pembuatan jalan diantaranya :Exavator,Tandem Roller,Double drum,Vibrator Roller,Motor Grader,Ashpalt Finisher,Baby Roller,Peuneumatic Roller dll.
Pengangkutan sampah bekas pengaspalan juga masuk di dalam pekerjaan Demobilisasi.

2. Pembentukan badan jalan dan pemadatan tanah.

Langkah sesudah itu adalah Pekerjaan pengukuran dan pembuatan badan jalan lalu dipadatkan pakai mesin Vibrator Roller.Pekerjaan ini dinamakan pekerjaan Sub Grade.

Sub Grade adalah tanah dasar dibagian bawah lapisan perkerasan jalan,lapisan ini dapat bersifat tanah asli yang dipadatkan kalau tanah aslinya baik.atau tanah urugan yang di datangkan berasal dari tempat lain,atau tanah yang di stabilkan dengan Semen atau Kapur sesudah itu dipadatkan,yang terpenting untuk lapisan Sub Grade adalah tanah wajib bersih berasal dari Sampah,akar dan Rumput Jasa Pengaspalan Jakarta 

Perlu di ingat bahwa kebolehan dan keawetan konstruksi perkerasan jalan amat terkait berasal dari sifat-sifat dan daya dukung tanah dasar.
Minimal Nilai CBR untuk Pemadatan Subgrade menurut Departemen Pekerjaan Umum (DPU)
adalah 5%

3. Pekerjaan Sub Base course dan pemadatan.

Setelah tanaah lapisan Sub Grade mencukupi standar kepadatan,Maka di mulailah pekerjaan penghamparan Batu Sub base course atau Lapisan pondasi bawah.

Lapisan Sub base course adalah anggota lapisan terhadap konstruksi jalan yang terletak pada Lapisan pondasi atas dan Sub Grade.
Fungsi Utama Lapisan ini adalah :
1. Bagian konstruksi jalan yang menyebarkan beban roda ketanah dasar.
2. Mengurangi tebal lapisan diatasnya yang lebih mahal.
3. Lapisan peresap supaya air tidak terkumpul di pondasi.

Material terbaik Sub Base menurut kami yakni Batu lime stone,Batu Macadam Jumbo,Batu pecah.

Cara mengerjakan pengaspalan
Material Sub Base
Proses pengamparan batu Sub Base
Pertama membawa dampak patok-patok yang kuat untuk pilih ketebalannya kebanyakan tebal Sub Base adalah 30 cm,kemudian mendatangkan material sub base course kelapangan lalu dibuat dulu kepalanya yakni pada patok kanan dan patok kiri,setelah ada dua kepala lalu disebarkan material seutuhnya terhadap tempat pada kepala satu dan kepala yang lainnya,untuk volume yang luas dapat pakai Exavator supaya pengerjaan lebih cepat.

Prinsip pemadatan diawali berasal dari pinggir dan berasal dari yang rendah kearea lebih tinggi.untuk perataan pakai Motor grader dan pemadatannya pakai Tandem Roller,setelah pemadatan nampak memadai menurut pelaksana dan direksi baru dapat dilanjutkan ketahapan berikutnya.

4. Gelar Batu Base course dan pemadatan.

Base course adalah anggota berasal dari konstruksi jalan yang terletak salah satu lapis pondasi bawah dan lapis permukaan.
Fungsi utama base course.
1. Bagian perkerasan yang menahan model lintang berasal dari beban roda serta menyebarkan beban ke lapis dibawahnya.
2. Bantalan terhadap lapis permukaan.

Bahan lapis pondasi atas terbaik adalah campuran 70% batu pecahan berwarna abu keputihan ukuran 5cm,dan 30% ulang campuran abu batu atau pasir ini yang dinamakan Base course style A.

Proses penghamparan Base Course.
Pada prinsipnya penghamparan Base course serupa saja dengan gambaran penghamparan Sub base course yaitu:
➾ Permukaan sub base course wajib telah rata dan padat.
➾ Dipasang patok patok untuk mengukur ketebalan kebanyakan tebal base course adalah 15 cm.

Pemadatan.
Setelah base course terhampar dengan rata barulah dipadatkan dengan mesin Tandem Roller,jika terhadap sementara dipadatkan masih nampak rendah atau tinggi dapat di jadi atau dikurangi.Setelah seutuhnya nampak rata sesudah itu dipadatkan ulang pakai mesin Tire Roller sambil di siram dengan air.

5. Pengecoran Aspal Prme Coat (Lapis resap pengikat)

Prime coat adalah lapis kuncir yang ditaruh diatas lapis pondasi agregat.

Bahan lapis resap pengikat kebanyakan adalah aspal dengan penetrasi 80/100 atau penetrasi 60/70,yang dicairkan dengan minyak tanah .Volume yang digunakan pada 0,4 hingga dengan 1,3 liter/m2.

Leave a Reply

Your email address will not be published.